SEJARAH BERDIRINYA SMA SANTO YOSEF PANGKALPINANG

Pada tahun 1963, Peter Japri ( Jap Kon Koeij ) mengusulkan kepada Pastor Lambregts untuk mendirikan SMA di Pangkalpinang. Oleh Pastor Lambregts, usul tersebut disampaikan kepada Apostolik Perfect Mgr. Van Der Westen. Oleh Mgr. Van Der Westen usul tersebut disetujui, dengan cacatan Peter Japri yang memimpin SMA tersebut. Tanggal 19 Maret 1963 berdirilah SMA Santo Yosef ( dipilih nama ini karena bertepatan dengan hari Pesta Santo Yosef).

Pada tahun pertama SMA Santo Yosef memakai tempat di SMP Budi Mulia, Jalan Gereja Pangkalpinang. Semua guru termasuk kepala sekolah berstatus honorer. Baru pada tahun 1964 mendapat 2 ( dua ) guru tetap yaitu A.Bakir , B.A. ( Tahun Pelajaran 2001/2002 menjadi kepala SMU Maria Goretti Sungailiat Bangka) dan B.Bernadi, B.A. Tenaga pengajar lainnya dari guru SMP Budi Mulia : Br.Reinolf, Br. Isfridus, Br.Castelus, Br.Bernadino. Dari SMP SantaTheresia: Ibu Kristin, Ibu Dahlia. Dari PN.TTB (sekarang PT Timah): Ir. Tjan, Ir.Sutedjo, Ir. Ismu. Drh. Lim ( A Lew ) dari kotapraja dan Pak Iman dari SMA Negeri Pangkalpinang. Pada awal tahun 1965, SMA Santo Yosef pindah ke gedung baru yang berdampingan dengan SMP Santa Theresia di Jalan Melintas tahun 1983. Lokal kelas bertambah menjadi 9 kelas ( sebelumnya 6 kelas ). Akhirnya SMA terasa sesak, maka pada tahun 1987 dibangun gedung baru di Kompleks Lo Ngin Boek, Jalan Sungaiselan Km. 4 dan pada tanggal 26 Oktober 1987 diresmikan penggunaannya oleh Mgr.Hilarius Moa Nurak SVD.

Hari berganti hari. Tahun berganti tahun dan pada awal Tahun Pelajaran 2001/2002, siswanya berjumlah 693 atau 5 kelas paralel, 20 orang tenaga pengajar tetap, 7 tenaga pengajar honorer, 7 orang karyawan tetap dan 2 orang karyawan honorer. Dan sampai hari ini pula, memasuki usia ke-39 (tiga puluh sembilan ) SMA Santo Yosef memiliki 8.500 orang alumnus. Tersebar di mana-mana, di dalam negeri dan di luar negeri. Dengan berbagai tugas dan jabatan. Dengan berbagai peranan. Banyak prestasi yang telah diukir namun banyak pula cita-cita yang masih ingin digapai. Ke depan, tak sedikit pula hambatan dan rintangan. Baik berupa organisasi maupun manajemen. Menghadapi perubahan dan tantangan jaman, mungkin diperlukan pemikiran yang mendalam, radikal, dan orisinil. Berikut ini nama mantan Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah SMA Santo Yosef.

1. Peter Japri

2. Drs. Y.B. Boiman

3. A. Rizaldy Tarmizi, B.Sc.

4. A.Mudjijana, B.A.

5. R.Suhardi, S.Pd.

6. Budi Gunawan, S.Pd., S.Mn.

7. Hendrikus Suharno adi, S.Pd

8. Njuk Fan, S.Pd.

9. Yuli Ismanto, S.Pd.

10. Frans, S.Pd.Ekop.